Persamaan Menginap di Hotel dan Rumah Sakit

 

 

Bicara rumah sakit,  enggak pernah menyenangkan. Bukan apa-apa, menginap di rumah sakit mirip-mirip dengan menginap di hotel.

Apa persamaannya? Sama-sama bayar per malam. Di hotel mungkin  di-charge Rp 600 ribu sampai 1 juta per malam untuk kamar bintang 3 di Jakarta. Di rumah sakit swasta, mungkin  juga di-charge Rp 600 ribu sampai 1 juta per malam untuk kamar kelas 2 atau 3 di Jakarta.

Persamaan lain, baik di hotel maupun di rumah sakit sama-sama ada pengeluaran ekstra. Di hotel,  keluar uang ekstra untuk laundry. Di rumah sakit, kita bayar untuk kunjungan dokter ke kamar, plus obat, plus operasi alias tindakan. Itu persamaannya.

Sekarang, apa perbedaannya? Di hotel,  tahu kapan  akan check out. Di rumah sakit,  tidak tahu kapan  akan check out. Misalnya nih,  check-in di hotel hari Sabtu tanggal 4 November. Kita umumnya sudah tahu akan berapa malam akan stay di hotel itu, misalnya tiga malam, maka ini berarti Anda akan check out tanggal 7 November. Jadi  sudah tahu akan tinggal berapa malam di situ.

Nah, di rumah sakit,  umumnya tidak tahu kapan  akan check out. Dokter  mungkin memang akan kasih perkiraan bahwa  akan stay sekitar 3, 5, atau mungkin 10 malam, tapi tetap saja tidak pasti. Hanya perkiraan saja.

Itulah kenapa, menginap di rumah sakit cukup menyebalkan. Kenapa? Karena ada dua hal yang mau tidak mau dipikirkan:

(1) Kapan  bisa sembuh?

(2) Apakah  punya uang untuk membayar Biaya Perawatan RS, dan – kalau memang punya uang – apakah rela membayarnya?

Untunglah, sekarang ada yang namanya asuransi sosial yang disediakan oleh negara, namanya BPJS Kesehatan. Pada BPJS Kesehatan,  dengan membayar premi tertentu tiap bulan, maka Biaya Perawatan RS  sudah ditanggung. Itu pertama.

Kedua, – sebagai alternatif selain BPJS Kesehatan – kalau bekerja sebagai karyawan, maka seringkali perusahaan tempat bekerja juga menyediakan pertanggungan atau penggantian biaya kesehatan.

Untuk ini maka biasanya ada perusahaan yang menyediakan fasilitas tersebut full dari uang kas Perusahaan, atau ada juga perusahaan yang mengikutkan karyawannya pada asuransi kesehatan dari sebuah perusahaan asuransi dan perusahaanlah yang menanggung premi asuransinya.

Nah, kembali ke BPJS Kesehatan, terlepas dari masih ada saja ketidakpuasan sebagian masyarakat terhadap layanan BPJS Kesehatan saat ini, adanya asuransi sosial seperti BPJS Kesehatan ini sangat membantu mereka yang ingin mendapatkan layanan kesehatan di Rumah Sakit dengan harga terjangkau, yaitu cukup dengan membayar premi yang murah.

Kalau masih ada saja ketidakpuasan dan keluhan terhadap BPJS Kesehatan,  ini proseslah. Artinya, pasti di masa depan akan jadi lebih baik kok.

Sekarang, bagaimana kalau ingin mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih dari yang diberikan oleh BPJS Kesehatan?

Maka bisa jadi perusahaan tempat bekerja sekarang sudah memberikannya. Kalau iya, bagus. Tapi, bagaimana kalau masih tidak puas juga dan masih ingin mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih baik? Atau bisa juga saat ini seorang pekerja mandiri yang berarti tidak bekerja di sebuah perusahaan, tetapi ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih dari BPJS Kesehatan?

Maka harus ambil asuransi kesehatan sendiri. Dengan mengambil sendiri asuransi kesehatan, bisa memilih fasilitas pelayanan kesehatan yang sesuai dengan apa yang diinginkan..

Ada beberapa pilihan asuransi kesehatan Allianz :

  1. Allisya Care
  2. Maxi Violet
  3. Smartmed Premier
  4. Rider HSC+
  5. Rider Proteksi Penyakit Kritis

penjelasan lengkapnya bisa di klik postingan di bawah ini.

https://proteksisyariah.com/2015/02/25/beberapa-pilihan-asuransi-kesehatan-dari-allianz/

Mengapa harus asuransi kesehatan Allianz ?

Karena Allianz berikan fasilitas untuk menunjang  pelayanan asuransi kesehatan untuk kenyamanan nasabah, seperti :

  1. Fasilitas Cashless
  2. Allianz EazyClaim
  3. Allianz EazyMed
  4. Allianz Hospital Assistant
  5. Claim Service Guarantee

Selengkapnya bisa diklik postingan di bawah ini :

https://proteksisyariah.com/2017/05/05/kemudahan-asuransi-kesehatan-allianz-untuk-nasabah/

Jika anda sedang mempertimbangkan asuransi yang tepat untuk anda, keluarga, teman, sahabat atau bahkan perusahaan anda, silahkan hubungi saya. Saya bantu anda mendapatkan penawaran terbaik.

 

Yessi Dian Novita, HP/WA : 08129645333, email : yessidiannovita@yahoo.com

Bergabung menjadi seorang Allianz Life Changer karena menyukai Perencanaan Keuangan, senang mengedukasi tentang asuransi agar masyarakat lebih berdaya,  S1 IPB, tinggal di Bogor.

 

Leave a comment